Bersama Alirkan #airuntuknagekeo!

5000 Masyarakat di Nagekeo Membutuhkan Akses Air Bersih!

Nusa Tenggara Timur (NTT) terkenal akan keindahan alamnya yang menakjubkan. Hamparan gunung, pantai, dan laut menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan lokal maupun mancanegara. Namun, dibalik keindahan tersebut, kemudahan akses air bersih masih menjadi permasalahan bagi sebagian masyarakat di NTT. Daerahnya yang memang dikenal kering juga membuat permasalahan air ini semakin nyata.

Nagekeo salah satu contohnya, salah satu kabupaten di NTT yang terletak di Pulau Flores. Wilayah tersebut juga menghadapi permasalahan air, terutama di daerah-daerah pelosok. Daerah-daerah di kabupaten tersebut memiliki potensi yang besar sebagai destinasi wisata. Namun minimnya amenitas, menyulitkan sektor pariwisata untuk berkembang. Untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari pun masih sulit.

Masyarakat di Nagekeo harus berjalan belasan kilo meter dari rumah mereka untuk mendapatkan air. Jalan yang harus ditempuh pun cukup terjal karena sumber air yang ada terletak di bawah lembah-lembah curam. Risiko kecelakaan menjadi pertaruhan karena kondisi jalan tersebut. Padahal, kewajiban mengambil air ini dilakukan oleh kaum perempuan dan anak-anak. Selain itu, tak jarang aliran dari sumber airnya pun minim dan kotor.

Masalah stunting juga menghantui masyarakat setempat jika kurangnya air bersih dan sanitasi yang buruk. Berdasarkan data dari Dinas Kesehatan Kabupaten Nagekeo tahun 2020, jumlah balita yang mengalami stunting di keempat kampung tersebut berkisar antara 5 – 26%!

Komodo Water saat ini telah melakukan survei ke 4 lokasi di Kab. Nagekeo yaitu Kampung Kawa, Ngegedhawe, Wodomia, dan Tutubadha. Keempat kampung tersebut memiliki karakteristik sumber air yang berbeda-beda. Namun kebutuhan mereka tetap sama yaitu akses air bersih yang sehat dan mudah.

Oleh karena itu, sebagai perusahaan sosial yang berpengalaman membuat akses air bersih di daerah pesisir dan pelosok, kami akan melakukan instalasi infrastruktur sumber air bersih di Kampung Kawa, Ngegedhawe, Wodomia, dan Tutubadha.

Sebelumnya, kami telah sukses membangun sumber air bersih bagi warga Pulau Papagarang, yang juga berlokasi di NTT. Sekarang, saatnya 5773 masyarakat dari 4 kampung di Kab. Nagekeo yang bisa menikmati kemudahan akses air bersih ini! 

 

Donasi sekarang di kitabisa.com/airuntuknagekeo!

Picture2

Perempuan dan anak-anak di Nagekeo berjalan membawa jerigen air untuk kebutuhan sehari-hari

Water Data